CLICK HERE FOR THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Selasa, 05 Agustus 2008

Pengertian Psikologi Industri dan Organisasi

PENGERTIAN PSIKOLOGI INDUSTRI dan ORGANISASI

Psikologi Indusri dan Organisasi merupakan satu keseluruhan pengetahuan ( a body of knowledge ) yang berisi fakta, aturan dan prinsip-prinsip tentang perilaku manusia pada pekerjaan. Pengetahuan ii dapat disalahgunakan sehingga dapat membahayakn dan merugikan pihak-pihak lain yang terkait. Penggunaan pengetahuan psikologi industri dan organisasi harus ditujukan untuk kepentingan dan kemanfaatan pihak-pihak yang terlibat ( baik perusahaan sebagai organisasi, maupun para karyawannya ).

Psikologi industri dan organsasi adalah ilmu yang mempelajari perlaku manusia :
- dalam perannya sebagai tenaga kerja dan sebagai konsumen
- baik secara perorangan maupun secara kelompok, dengan maksud agar temuannya dapat diterapkan dalam industri dan organisasi untuk kepentingan dan kemanfaatan manusianya dan organisasinya.

Wawasan Psikologi Industri dan Organisasi
- Organisasi
Ialah organisasi formal yang mencakup organisasi yang mencari keuntungan, yang memproduksi barang atau jasa dan organisasi yang tujuan utamanya bukan mencari keuntungan.

- Sistem
Adalah suatu kesatuan keseluruhan yang terorganisasi, yang terdiri dari dua atau lebih bagian, komponen atau subsistem, yang saling tergantung, yang ipisahkan dari suprasistem sebagai lingkungannya oleh batas-batas yang dapat ditemukenali
- Objek yang dipelajari oleh psikologi industri dan organisasi
Adalah perilaku manusia sebagai tenaga kerja dan sebagai konsumen ( yang merupakan komponen system ) dalam interaksinya dengan rganisasinya ( sistemnya )


Kaitan Psikologi Industri dan Organisasi dengan Ilmu-ilmu Lain

- Kaitan dengan Perilaku Keorganisasian ( Organizational Behavior )
Psikologi Industri dan Organisasi bermaksud agar temuannya dapat diterapkan alam industri maupun organisasi untuk kepentingan dan kemanfaatan manusianya dan organisasinya.
- Kaitannya dengan Manajemen Sumber Daya Manusia
Pada psikologi industri dan organisasi perilaku tenaga kerja dipelajari untuk dapat menemukenali kepribadiannya dalam rangka
o proses seeksi dan penempatan, proses pelatihan dan pengembangan
o interaksi tenaga kerja dengan lingkungan fisik dan sosial

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Terima kasih telah berbagi tentang pengertian psikologi industri dan organisasi. Ilmu sangat bermanfaat dan akan membantu para praktisi maupun peneliti dalam bidang psikologi industri dan organisasi.